Visi, Misi, dan Tujuan
Visi
Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang menghasilkan sarjana calon guru kelas SD/MI yang Unggul, Moderat dan Inovatif pada tahun 2030
Misi
- Menyelenggrakan Pendidikan dan pembelajaan keguruan yang unggul, moderat dan inovatif yang berakar pada azas pendidikan dasar dan nilia-nilai ke-Islaman
- Melaksanakan dan mengembangkan penelitian yang berkelanjutan di bidang pendidikan dasar SD/MI
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan pembinaan dan menjalin kerjasama pada tingkat lokal maupun nasional.
- Menjalin kerjasama di bidang ilmu pendidikan dasar SD/MI dengan lembaga/instansi pendidikan tinggi pada tingkat lokal maupun nasional.
- Menyelenggrakan tatakelola program studi yang mandiri, transfaran dan berkelanjutan.
Tujuan
- Menghasilkan sarjana calon guru kelas SD/MI yang unggul, moderat dan inovatif.
- Terselenggaranya pendidikan dan pembelajaan ilmu keguruan yang unggul, moderat dan inovatif yang berakar pada azas pendidikan dasar dan nilia-nilai ke-Islaman.
- Tercapainya penelitian yang berkelanjutan untuk mengembangkan teori-teori dan konsep keilmuan Pendidikan Dasar SD/MI.
- Terlaksananya pengabdian dengan stakeholder pada tingkat lokal maupun nasional.
- Terjalinnya kerjasama di bidang ilmu pendidikan dasar SD/MI dengan lembaga/instansi pendidikan tinggi pada tingkat lokal maupun nasional.
- Terkelolanya program studi yang mandiri, transfaran dan berkelanjutan.
Sasaran
Untuk tujuan “Menghasilkan sarjana calon guru kelas SD/MI yang unggul, moderat dan inovatif, maka ada enam sasaran yang dilakukan yaitu:
- Pendidikan dan pembelajaran yang mengacu pada standar kurikulum KKNI.
- Proses pendidikan dan pembelajaan ilmu keguruan yang unggul, moderat dan inovatif yang berakar pada azas pendidikan dasar SD/MI dan nilia-nilai ke-Islaman keilmuan Pendidikan Dasar SD/MI
- Pengabdian kepada masyarakat dengan pembinaan dan menjalin kerjasama pada tingkat lokal maupun nasional.
- Kerjasama di bidang ilmu pendidikan dasar SD/MI dengan instansi pendidikan tinggi pada tingkat lokal maupun nasional.
- Menyelenggrakan tatakelola program studi yang mandiri, transfaran dan berkelanjutan.
Sasaran pertama adalah terwujudnya pendidikan dan pembelajaan yang mengacu pada standar kurikulum KKNI. Adapun strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:
- Melakukan workshop penyusunan kurikulum berbasis KKNI dengan mendatangkan pakar, ahli, stakeholder, pengguna, dan pihak-pihak pemangku kepentingan.
- Proram pembelajaran yang berorientasi pada pencapaian profil lulusan yaitu sebagai sarjana pendidik/guru kelas MI/SD, peneliti dan pengembang bahan ajar SD/MI yang berpengetahuan luas, mendalam dan mutakhir; berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya dan berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggungjawab berlandaskan etika Islam, keilmuan dan keahlian
- Program peningkatan dan penjaminan mutu kurikulum dan silabus untuk memenuhi standar nasional dengan kebijakan pengembangan dan pentahapan.
- Pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kemampuan, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, tanggung jawab manajerial, capaian lulusan program studi dan capaian pembelajaran.
Sasaran kedua adalah terwujudnya proses pendidikan dan pembelajaan ilmu keguruan yang unggul, moderat dan inovatif yang berakar pada azas pendidikan dasar SD/MI dan nilia-nilai ke-Islaman. Adapun strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:
- Pembelajaran yang mengembangkan kurikulum mata Pelajaran bidang Guru Kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD) sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;
- Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik sebagai Guru Kelas MI/SD untuk menguasai bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD
- Penelitian yang berkelanjutan untuk mengembangkan teori-teori dan konsep IPA MI/SD, IPS MI/SD.
- Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran bidang Guru Kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD);
- Pendidikan dan pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan potensi keilmuan bidang guru kelas MI/SD (bidang kajian PKn MI/SD, Bahasa Indonesia MI/SD, Matematika MI/SD, IPA MI/SD, IPS MI/SD) peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan dan keterampilan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat.
- Melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran.
- Program pembelajaran yang menekankan pada penguasaan kompetensi utama yaitu kompetensi muatan matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan Pendidikan Kewarganegaraan.
- Mengembangkan inovasi-inovasi pendidikan dan pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar serta tercapainya lulusan yang memiliki kompetensi utama dan agama secara integral pada jenjang pendidikan dasar.
- Menerapkan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan, kontekstual, dan Islami
- Program peningkatan dan penjaminan mutu kurikulum dan silabus untuk memenuhi standar nasional dengan kebijakan pengembangan dan pentahapan.
- Program peningkatan kompetensi/mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana dan manajemen dengan kebijakan perencanaan seksama, menyeluruh dan terpadu.
- Program peningkatan dalam proses pembelajaran lebih menekankan pada penggunaan pendekatan andragogis dan pengalaman belajar dirancang secara terpadu antara konsep teori dengan aplikasi pembelajaran di lapangan.
- Program pembelajaran yang melibatkan stakeholder dan berbasis media pembelajaran.
- Program pembelajaran yang menggunakan media social.
Sasaran ketiga adalah tercapainya penelitian secara berkelanjutan untuk mengembangkan teori-teori dan konsep keilmuan Pendidikan Dasar SD/MI. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:
- Program riset-riset kerjasama dengan mitra perguruan tinggi/program studi yang maju dan bermutu, baik kerjasama dalam proses penelitian, pendanaan maupun publikasi.
- Program peningkatan riset tingkat program studi dengan kebijakan memprioritaskan keikutsertaan seluruh dosen dalam program penelitian yang ada.
- Program peningkatan hasil-hasil penelitian mahasiswa dengan dosen yang relevan dengan teori-teori dan konsep keilmuan, pendidikan dan pembelajaran tingkat dasar.
- Program pemberian dukungan fasilitas riset untuk skripsi (S-1) dengan kebijakan pemberian dukungan non-financial.
Sasaran keempat adalah tercapainya pengabdian kepada masyarakat dengan pembinaan dan menjalin kerjasama pada tingkat lokal maupun nasional. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:
- Program peningkatan volume pengabdian kepada masyarakat berfokus pada pemberdayaan masyarakat di lingkungan pendidikan SD/MI
- Peningkatan partisipasi terhadap masyarakat berbasis masjid dengan kebijakan peningkatan kepeduliaan dan empati dalam membantu dan memberdayakan masyarakat sehingga pengalaman dan keahlian yang diperoleh dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat.
Sasaran kelima adalah tercapainya kerjasama di bidang ilmu pendidikan dasar SD/MI dengan instansi pendidikan tinggi pada tingkat lokal maupun nasional. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:
- Program peningkatan kerjasama antara program studi dengan kebijakan peningkatan kapasitas kelembagaan dan SDM, tatakelola serta pengawasan.
- Program peningkatan kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Dasar SD/MI atau sederajat dibidang pemanfaatan laboratorium, praktek pembelajaran dan pengembangan penelitian.
- Program peningkatan jumlah dan mutu jejaring kerjasama program studi secara bertahap dengan program studi di tingkat nasional nasional.
- Program pemagangan di sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah yang sudah terakreditasi, terutama dalam pengasahan pembelajaran berbasis tematik integrasi.
Sasaran keenam adalah tercapainya tatakelola program studi yang mandiri, transfaran dan. Strategi untuk mencapai sasaran ini adalah:
- Program peningkatan dan penyempurnaan aspek-aspek penilaian dalam akreditasi program studi.
- Program pelacakan data dan borang
- Program peningkatan seluruh program pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran karakter tingkat pendidikan dasar
- Program penataan organisasi program studi yang mandiri.
- Program peningkatan manajemen kelembagaan yang baik